Kamu yang mirip aku

Published February 23, 2016 by aimaharani

Hey Key. Long time no see, no chat, no connection at all. kangen? Jelaslah. Ga usah ditanya.

Lama ngga ada kontak biasanya bikin orang jadi canggung atau apa, ya. Tapi kita kayaknya temenan beneran. Ngga peduli kepisah sejauh dan selama apa ya balik ngga ada canggung. It was easy coming back into you, once i figured it out you were right here all along. Kamu dan aku, kayaknya masih sama. Ya, ya, ya. Banyak yang berubah. Aku, kamu, sama-sama ngejalanin hidup dengan dunia masing-masing dan tetap sama. Kepisah, ngga ada kontak, karena kamu dan aku mirip, kita ya tetep kita.  Ngga percaya, yah, sudahlah. Ngga ada gunanya dipikir panjang soal ini.

Well, setelah sekian lama ngga ada kontak, dateng dengan kabar bahagia. Banget. Mau nikah tanggal 12 Maret ini. Congrats, you! ❤  I’m happy for you. Sumpah seneng, meskipun ada cemasnya juga. Jadi aku tulis ini (karena ngga tau nanti 12 Maret aku masi inget apa ngga). Harusnya ini dikirim sama hadiah, cuma aku waktu itu ngga sempet, jadi yaaaa….. Gitulah. You know me.

Nissa. Such a sweet name. Walau aku yakin dia pasti cemburu (kayaknya aku makin terbiasa sama semua orang yang suka kamu cemburu sama aku. Padahal kita kan murni temenan…) sama aku, tapi itu karena dia sayang beneran sama kamu, kan? Dia harus tau kalo aku ngga mungkin ambil kamu dari dia, Key. That’s your job. Tapi biar itu dibahas belakangan. Be happy with Nissa, Key. Dia orang yang spesial, i know she is. Orang yang bisa bikin kamu punya keyakinan buat ngebangun keluarga bahagia. Bahagia ya, Key. Bukan sekedar ‘ngga cerai’, karena tinggal satu rumah sama ayah ibu yang ngga bahagia walau mereka ngga cerai itu lebih parah daripada orang tua pisah. (oke, fine. Mungkin ngga lebih parah, tapi ya sama aja). Gimana caranya mastiin bahagia? Well, aku belom nikah, tapi aku mau bilang apa yang aku tau. Dari sisi kita.

Kamu bakal tetep bertahan selama dia mau berusaha sama kamu. Sejauh ini seberapa berusaha dia? Aku yakin dia berusaha KERAS buat jadi seseorang yang bisa ngedampingin kamu. Tapi sampe kapan dia terus yang harus berusaha? You should too, Key. Usaha. Yakinin dia kalo kamu sayang sama dia, dengan dia yang apa adanya. Dia ngga perlu berusaha jadi cantik, putih, kurus, tinggi, atau apapun buat bikin kamu ngerasa sayang, karena kamu UDAH sayang sama dia. Buat dia ngerasa cantik, Key, because she is. Buat dia ngerasa berharga dimatamu. Pandang dia dengan sayang, hargai dia sebisamu, oh, i know you can, Key. Dan lakukan mulai sekarang. Terbukalah sama dia soal semuanya karena kejujuran itu penting, shit, we know we almost always hide the truth behind the words, tapi itu pasti nyakitin hati orang pas ketauan, so sebaiknya jangan.

Nikah itu kerjasama, Key. Seorang suami sukses itu karena istrinya yang sukses ngejaga apa yang suaminya tinggalin di rumah. Istri yang sukses itu yang ngebuat suaminya ngerasa nyaman di rumah. Sesimpel itu? Iya. Sesimpel itu. Ga peduli si istri kerjaannya apa, tapi kalau dia sadar bahwa istri juga suatu pekerjaan dengan tanggungjawab besar dan berat (atau mau dimasukin imbalan surga disini? haha), maka dia juga akan berusaha sukses. Sukses bukan berarti rumah selalu rapi dan makanan selalu ada, itu sih nikah aja sama pembantu. Sukses artinya dia bisa jadi nyonya rumah yang baik bagi suaminya. Membuat nyaman, memberi tempat pulang, bukan cuma jadi pasangan, tapi juga teman, tempat curhat, adik manja, kakak yang peduli, protektif. Gimana caramu ngebantu dia? Komunikasiinlah apa yang kamu mau. Apa yang bikin kamu nyaman. Dan bantuin, literally bantuin dia ngejalanin itu demi kamu. Harusnya, dengan rumah yang homy dan nyaman, ngga akan ada kepikiran pulang ke tempat lain.

Sebagai gantinya, dibalik istri yang sukses, ada suami yang selalu siap, Key. Nyemangatin saat kurang semangat, memanjakan, ngehargain, menghujani perhatian simpel, membanjiri pujian dan hadiah, ngga perlu yang mahal, ngajak bercanda, ngajak kencan, bantuin kerjaannya, temenin. Ya, selayaknya pasangan. Tapi jangan juga terlalu berusaha, karena kamu yang apa adanya cukup buat dia. Sebelum kamu mikir buat dimanja dan dilayani istri, jangan sampe lupa. masak, nyuci beberes, itu bukan tugas istri, Key. Itu tugas suami. Karena suami wajib ngasih makan. Makanan mentah itu belom makanan, jadi masih setengah kewajiban aja. Sama dengan rumah yang ngga bersih dan ngga bisa ditinggalin itu baru setenga kewajiban. Bukan berarti kamu harus ngerjain semua, kok. Ya itu tadi, berbagilah.

Abis itu apa lagi ya…. Oh, ya. Masalah selalu ada, Key. Saat pacaran pasti ada masalah, Nikah ngga bakal nyelesaiin itu semua. Serius. Nikah bakal ngasih masalah baru. Semua relations bakal punya masalah, apalagi kalo pandangan tiap orang ngga sama (secara kita yang pikirannya mirip juga masih tetep punya masalah, apalagi yang lain :3 ), tapi masalah romantic relationship (pacaran, tunangan, nikah, dan yang lainnya yang gaada namanya)itu cuma satu yang pasti ‘sama siapa kamu mau ngejalanin’. Pastiin kalo kamu mau ngejalanin sama dia. pandang dia sebagai dia, jangan dibandingin sama siapapun, karena dia akan selalu beda.

Terus masalah kata orang…. Kalo kata orang ini, mau sampe nanti kamu mati juga ngga akan ada ujungnya. Kayak kalo di aku ‘ Ih, kok Oghie milih cewek kayak gitu? Dia kan tukang rebut cowok orang, dia cowoknya banyak, cewek murah, dan sebagainya’ sementara dari sisi aku dengernya ‘Kok sama dia? dia bukan anak pejabat, dia ngga kaya, dia cuma menang tinggi, dan segudang lainnya’. Cara ngelewatinnya? Be happy. Dengan kamu berbahagia, mereka bakal tetep ngoceh, tapi mereka sendiri tau kalo itu ngga ngaruh kekalian. Tunjukkin kalo kalian emang ada buat satu sama lain, tunjukkin kalo kalian satu kesatuan. Dan itu kayak ngasi tamparan keras buat mereka yang ngomongin kamu.

Sekarang sih segini dulu ya, Key. Ini aja kayaknya udah sok tau banget padahal akunya belom nikah.

Oh, pastiin kalo kamu tau kalo kamu seberharga itu buat aku, twennie. Be happy. Love you to the moon and back, mirrors.

 

Love, Rani

Ditulis buat temen kesayangan yang mau nikah. Disamping itu buat peringatan bagi diri sendiri. Oh, ya. Key. Orang yang pola pikirnya kayak aku, lahirnya sehari sebelom aku, tapi tinggi dan cakepnya ngga mau bagibagi. Ngeselin, tapi karena pola pikir yang sama aku dan dia jadi langsung akrab. Saling sayang, tapi karena kita sama, kita kayak rel kereta yang selalu jalan bersisian dan ngga akan saling ketemu. Sekarang dia nemu roda yang bakal nemenin dia ke ujung perjalanannya. Buat kalian yang nyari pasangan yang mirip sama kalian, aku juga mau ngasi saran. Percayalah akhirnya kamu bakal cari yang beda, karena kalo kalian sama, satu jatoh semua jatoh. Kalo kalian beda, kalian bakal saling ngelengkapin.

Leave a comment